Minggu, 09 Januari 2011

PENDAHULUAN

Pembangunan nasional di bidang pendidikan merupakan bagian dari upaya mencerdaskan kehidupan bangsa dan meningkatkan kwalitas manusia Indonesia. Hal ini dalam rangka mewujudkan masyarakat yang damai, berkeadilan, berdaya saing, maju dan sejahtera, yang didukung oleh manusia Indonesia yang sehat, mandiri, beriman, bertaqwa, berakhlaq mulia, berkesadaran hukum dan lingkungan, menguasai ilmu pengetahuan dan tekhnologi serta memiliki etos kerja yang tinggi dan berdisiplin dalam wadah Negara Kesatuan Republik Indonesia.
Untuk mewujudkan visi pendidikan nasional tersebut diperlukan peningkatan & penyempurnaan penyelenggaraan pendidikan nasional yang sesuai dengan kebutuhan dan perkembangan ilmu pengetahuan dan tekhnologi. Dalam rangka ini pula diberlakukan Undang-Undang No.20 Th.2003 tentang sistem pendidikan nasional serta Peraturan Pemerintah No.19 Th.2005 tentang standar nasional pendidikan..
Dengan demikian, keberadaan madrasah merupakan bagian integral dari sistem pendidikan nasional dan merupakan salah satu bentuk satuan pendidikan pada jenjang pendidikan dasar dan menengah. Akan tetapi, madrasah tetap memiliki ciri khas dan karakteristik tersendiri sebagai satuan pendidikan Islam.
Kemudian, didorong oleh kesadaran untuk berperan serta dalam pembangunan khususnya di bidang pendidikan, maka Yayasan Pendidikan Al-Ukhuwah Sukoharjo sesuai visi & misinya akan menyelenggarakan program pendidikan Madrasah Aliyah.
LATAR BELAKANG
Madrasah Aliyah Al-Ukhuwah Sukoharjo didirikan berdasarkan rapat Yayasan Pendidikan Al-Ukhuwah Sukoharjo menanggapi aspirasi dan kepercayaan masyarakat khususnya wali murid Madrasah Salafiyah Wustho (MSW) yang sangat antusias untuk melanjutkan pendidikan pada Madrasah Aliyah yang diselenggarakan oleh Yayasan Pendidikan Al-Ukhuwah Sukoharjo.
Selain mempertimbangkan adanya sumber peserta didik dari Madrasah Salafiyah Wustho tersebut, Yayasan Pendidikan Al-Ukhuwah Sukoharjo juga memiliki sarana dan prasarana yang memadahi dan didukung tenaga pendidik yang memiliki latar belakang pendidikan dan pengalaman yang sesuai dengan bidangnya.
VISI DAN MISI
1. Mendidik generasi penerus yang beriman, bertaqwa, berakhlaq mulia dan menjunjung tinggi nilai ukhuwah islamiyah
2. Mendidik generasi penerus bangsa yang bermoral, cerdas, trampil dan mampu berperan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara
3. Mendidik generasi penerus yang menguasai ilmu pengetahuan, tekhnologi dan informasi serta mampu mengangkat martabat bangsa Indonesia di dunia internasional

Tidak ada komentar:

Posting Komentar