Kamis, 13 Januari 2011

Pentingnya Pendidikan Islam

Istilah Pendidikan didefinisikan dengan :

Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan negara.

Berbicara tentang pendidikan kita semua pasti sudah tahu bahwa betapa pentingnya hal tersebut. Pendidikan, kemampuan, pengetahuan merupakan salah satu modal yang kita miliki untuk hidup di zaman yang serba sulit ini. Tidak ada suatu argumen yang menyatakan bahwasannya pendidikan itu tidaklah penting. Kesuksesan seseorang bisa dilihat dari latar belakang pendidikannya, walaupun memang banyak orang yang berhasil tidak dengan pendidikan yang tinggi, tetapi mereka tidak memungkiri bahwa pendidikan itu amatlah penting. Ini menurut konsep keduniaan.

Akan tetapi pada zaman yang telah renta ini, banyak dari manusia atau bahkan sebagian besar manusia yang melupakan satu metode pendidikan terbaik dan yang paling benar yaitu pendidikan dengan pembelajaran Al Quran dan Assunnah. Mengapa dikatakan metode terbaik dan yang paling benar...? ya ! Karena cara pembelajaran dengan metode ini bersumber dari Dzat Yang Maha Mengetahui, Allah Subhanahu wa taala, dan langsung diajarkan kepada salah satu Utusannya di muka bumi ini, Rasulullah shalallahu alaihi wa salam, Muhammad, Rasul terakhir dengan perantara Pemimpin para malaikat, malikat Jibril alaihi salam. 

Di dalam Al-Quran dapat kita temukan bagaimana Allah menceritakan tentang nasehat-nasehat Luqman yang merupakan bentuk pendidikan kepada anak-anaknya. Begitu pula dalam hadits-hadits Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam, kita temui banyak sekali perintah dan anjuran untuk memberikan tarbiyah guna mencetak insan-insan yang berpendidikan (dalam konsep keagamaan) dan celaan bagi siapa saja yang tidak berilmu.

Seorang pendidik, baik orangtua maupun guru hendaknya mengetahui betapa besarnya tanggung-jawab mereka di hadapan Allah ‘azza wa jalla terhadap pendidikan generasi-generasi islam.


Tentang perkara ini, Allah azza wa jalla berfirman,


يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آَمَنُوا قُوا أَنْفُسَكُمْ وَأَهْلِيكُمْ نَارًا وَقُودُهَا النَّاسُ وَالْحِجَارَةُ

“Hai orang-orang yang beriman, peliharalah dirimu dan keluargamu dari api neraka yang bahan bakarnya adalah manusia dan batu”. (QS. At-Tahrim: 6)

Dan di dalam hadits yang diriwayatkan oleh Al-Imam Al-Bukhari dan Al-Imam Muslim, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda,


كُلُّكُمْ رَاعٍ وَمَسْئُوْلٌ عَنْ رَعِيَّتِهِ

“Setiap di antara kalian adalah pemimpin dan akan dimintai pertanggungjawaban”

Untuk itu merupakan kewajiban bagi seorang guru atau orang tua untuk mengetahui apa saja yang harus diajarkan kepada seorang anak serta bagaimana metode yang telah dituntunkan oleh junjungan umat ini, Rasulullah Muhammad shallallahu ‘alaihi wasallam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar