Sabtu, 06 Agustus 2011

Acara Pembekalan Ramadhan 1432 H


Menyambut datangnya bulan Ramadhan, bulan penuh berkah tahun ini maka MA Al Ukhuwah bekerja sama dengan bidang kesantrian dan bidang tarbiyah Pondok Pesantren Al Ukhuwah mengadakan acara yang bertajuk “Pembekalan menyongsong datangnya bulan Ramadhan 1432 H”.
Acara pembekalan ini dilaksanankan pada hari pertama puasa, 1 Agustus 2011. Dimulai sejak pagi hari pukul 08.00 pagi sampai selesai. Acara pembekalan ini diikuti oleh semua anak didik MA Al Ukhuwah juga diikuti siswa-siswa dari Jenjang MSW ( Madrasah Salafiyah Wustho, setara SMP ). Bertempat di masjid Jami’ Ibnu Utsaimin, Pondok Pesantren Al Ukhuwah.
Adapun Agenda acara “Pembekalan menyongsong datangnya bulan Ramadhan 1432 H” ini adalah sebagai berikut :

  1. 1.       Pembukaan oleh Ketua Panitia OSWAH (Organisasi Santri Al Ukhuwah)
  2. 2.       Muqoddimah oleh Ust. Rochmad Supriyadi, Lc
         Dalam muqoddimah ini beliau, Ust. Rochmad Supriyadi, Lc menyampaikan bagaimana pentingnya kita mengetahui akan mulianya bulan ramadhan. Beliau memberikan tausiyah dan wejangan kepada seluruh santri untuk semangat dalam beramal dan meningkatkan amalan ketika di bulan ramadhan ini.

  1. 3.       Acara inti
Acara inti pembekalan ramadhan ini terbagi menjadi 3 sesi, yaitu :
-          Sesi I ,
Pemateri : Ust. Nurcholis Majid Ahmad, Lc.
Materi : Keutamaan Puasa.
Beliau menyebutkan dengan terperinci hakekat dan keutamaan puasa, bagaimana pahala seorang yang berpuasa, kedudukannya di sisi Allah hingga balasan kelak yang akan diterima bagi seorang yang tekun melaksanakan puasa. Beliau juga memberikan nasehat agar seluruh siswa memanfaatkan bulan puasa ini untuk mendapatkan derajat “muttaqin” seorang yang bertakwa kepada Allah.
-          Sesi II
Pemateri : Ust. Agus Susehno, Lc
Materi : Keutamaan Bulan Ramadhan
Keutamaan bulan ramadhan sangatlah banyak sekali, Bulan penuh barokah, bulan ampunan dan bulan yang di dalamnya ada satu malam yang keutamaannya seperti 1000 bulan, Lailatul qodar, Bulan diturunkannya Alquran, dibuka pintu surga dan ditutup pintu neraka, dan Setan dibelenggu sehingga tidak bisa leluasa menggoda manusia. Seperti ini kira-kira apa yang disampaikan oleh beliau, Ust. Agus Susehno, Lc
-          Sesi III
Pemateri : Ust. Muhammad Nur Fauzi
Materi : Amlan-amalan di bulan Ramadhan
Beliau menyampaikan bahwasannya pada bulan Ramadhan banyak sekali amalan-amalan yang disyariatkan. Puasa, Teraweh, Memperbanyak membaca Alquran, meningkatkan Shodaqoh dan infaq. Dan lain sebagainya. Beliau juga mengingatkan agar pada bulan ini kita harus meninggalkan dosa-dosa dan maksiat.

  1. 4.       Penutup ditutup kembali oleh panitia OSWAH.
Dengan adanya pembekalan menyambut bulan Ramadhan ini, diharapkan siswa dapat mempersiapkan diri dengan sebaik-baiknya, meningkatkan amalan-amalan, dan keluar dari bulan Ramadhan dengan membawa pahala dan mendapatkan ampunan dari Allah. Sehingga nanti terrealisasi puasa merupakan wasilah untuk menjadi Insan yang bertakwa. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar