Rabu, 12 Januari 2011

Cikal bakal berdirinya MA Al Ukhuwah

Madrasah Aliyah Al Ukhuwah mulai dirintis pada tahun 2009, yang mana satu tahun sebelumnya tepatnya tahun 2008 telah dibuka jenjang pendidikan non formal yaitu Takhosus Bahasa Arab atau disingkat dengan istilah TBA yang merupakan cikal bakal mulai dirintisnya MA Al Ukhuwah.

TBA merupakan satu jenjang pendidikan untuk mematangkan ilmu alat yang meliputi bahasa arab baik bahasa Arab aktif maupun pasif, ilmu Nahwu-Shorof dan juga ilmu Fiqih yang ini merupakan syarat untuk masuk ke jenjang Madrasah Aliyah.

Jenjang TBA ini dipersiapkan bagi calon santri yang latar belakang dari Pendidikannya dari umum, SMP atau MTs. Adapun bagi calon santri yang lulusan dari Pesantren dan bisa mengikuti pelajaran MA, maka dipersilahkan untuk langsung mengikuti jenjang Madrasah Aliyah tanpa harus mengikuti persiapan terlebih dahulu pada jenjang TBA.

Pada tahun pelajaran 2009/2010 dimulailah Pendidikan MA Al Ukhuwah dengan murid dari jenjang TBA satu tahun sebelumnya. Pada tahun pertama ini masih banyak terjadi kekurangan baik dari segi fasilitas, pengajar maupun sarana dan prasarana. Akan tetapi seiring berjalannya waktu, maka mulai dibenahilah fasilitas-fasilitas yang ada, masuknya guru-guru yang berpengalaman mengajar dan sarana dan prasarana mulai dilengkapi. Sehingga suasana belajar-mengajar menjadi lebih kondusif.
Bersambung...

1 komentar: